Budaya Copy Paste di Kalangan Mahasiswa

Syamsul Kurniawan

BANYAK kendala yang muncul rupanya tatkala sedang digalakkannya minat menulis para mahasiswa.

Belakangan ini saya melihat ada kecenderungan para mahasiswa melakukan pembuatan karya tulis dengan jalan mudah yakni dengan mengunduh (men-download) materi-materi dari internet melalui website yang berkenaan dengan topik yang dicari, lalu meng-copy-paste-nya ke word. Dengan sedikit perubahan sistematika yang disesuaikan dengan kebutuhan, jadilah karya tulis itu. Setelah itu, karya tulis yang di kalangan mahasiswa dikenal dengan nama “makalah/ paper” itupun kemudian diserahkan kepada dosen yang menugaskannya. Ironisnya, karya tulis tersebut seringkali tidak disertai sumber atau alamat dari mana tulisan itu diunduh. Demikianlah budaya copy-paste yang marak diminati belakangan ini, terutama di kalangan mahasiswa.

Mengapa copy-paste ini terjadi? Salah satunya adalah karena adanya keinginan untuk menyelasaikan tugas menulis/mengarang dengan cepat dan mudah. Salah satu dalihnya adalah karena banyaknya tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan para dosen kepada mereka. Lagi pula, dalam pikiran mahasiswa, toh karya tulis itu tidak akan dibaca dengan serius oleh para dosen karena keterbatasan waktu dan kesibukannya.

Yang penting ngumpul, demikian pikiran mahasiswa kita. Alasan lain, mungkin mereka dilanda kemalasan dalam menulis sendiri makalah/ paper itu, apalagi menulis dipandang bukan pekerjaan gampang. Satu-satunya cara yang paling mungkin, dipilihlah meng-copy-paste karya orang lain melalui internet. Kalau kondisi copy-paste ini terus berlangsung, tentu hal ini akan kontradiktif dengan usaha membangun budaya menulis bagi generasi muda bangsa ini. Lebih jauh lagi, hal ini sangat bertentangan dengan upaya mencerdaskan bangsa. Bukankah ciri bangsa yang maju dan cerdas adalah bangsa yang menjadikan kegiatan ”baca-tulis” sebagai bagian dari budaya hidup masyarakatnya?

Stop Budaya Copy Paste

Menulis memang membutuhkan kreatifitas, dan memerlukan pengetahuan yang banyak, sebelum memulai menulis, kita harus sering membaca, entah membaca dari buku atau yang lain. Kalau kita tidak suka membaca, mustahil kita dapat menulis dengan baik.

Terkait dengan budaya copy paste, kita pasti pernah melihat banyak artikel yang hampir mirip dan cenderung sama antara blog satu dengan yang lainnya. Buktinya, ketika kita ketikkan sebuah kata kunci didalam search engine, entah itu google.com, yahoo.com atau yang lainnya.  Kita dapat menemukan artikel yang sama antara artikel satu dengan yang lainnya. Sebagai insan yang berpendidikan, hendaknya kita punya sikap menghargai karya orang lain.

Kita memang manusia yang terbatas dalam segala hal, tidak mungkin dapat melakukan semuanya dengan sempurna, apakah dalam hal pekerjaan, belajar, menulis, dan lain sebagainya. Kalau pikiran kita buntu, mau menulis tentang apa, apakah ini, apakah itu atau yang lain, bagaimana mensiasatinya?

Hal yang dapat kita lakukan adalah membaca, apapun itu. Dari mulai majalah, buku, internet dan yang lain.  Nah, hasil dari yang kita baca itulah yang kita tuangkan dalam tulisan kita, apakah itu copy paste? Tentunya tidak kan? Itu hasil dari buah pikiran kita. Beda soal jikalau yang kita lakukan itu menyadur secara keseluruhan, atau hanya kita mengetik kembali, itulah yang dinamakan copas (copy paste).

Menulis memang perlu dilatih, semakin banyak kita menulis, hasil dari tulisan kitapun agak semakin bagus dan berkualitas. Kepada para mahasiswa, pada siapa saja, mari kita budayakan anti copy paste!. Stop budaya copy paste!.***

Iklan

3 pemikiran pada “Budaya Copy Paste di Kalangan Mahasiswa

  1. Yah, btul bg……. inilah kebiasaan yang menjadi budaya pada mahasiswa.. hari ini mahasiswa lebih suka dengan sesuatu yang instant, bahkan sarjana saja dapat dibeli dengan uang, apalagi hanya tugas…..
    ini menjadi Pr kita bersama, untuk merubah budaya yang tidak baik ini….

  2. Alhamdulillah Sudah membaca tulisan bapak , semoga bermanfaat untuk kami yang membaca, sebelum terlambat kami bisa mengubah perilaku yang tidak baik ini. setuju pak karena membaca kita bisa lebih kreatif dan cerdas. syukron pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s