1 November 2011

Tokoh Muda Memimpin Indonesia?

Posted in politik at 8:53 by Catatan Harian Syamsul Kurniawan

Syamsul Kurniawan

AKHIR-akhir ini sejumlah lembaga riset politik mengeluarkan hasil survei. Mulai dari riset mengenai sejumlah tokoh yang diprediksi sebagai calon presiden hingga loyalitas pemilih terhadap partai politik. Hasilnya pun beragam. Tapi nama-nama yang muncul mudah ditebak. Nama-nama untuk jajaran capres populer tidak jauh dari sosok Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, hingga Aburizal Bakrie. Demikian tulis editorial koran Pontianak Post (Senin, 31/10/2011). Lain lembaga survei lain susunan yang teratas.

Ketika hasil survey itu diumumkan besar harapan saya bisa mendengar nama-nama baru dan itu dari kalangan pemuda. Tapi sayangnya, nama-nama yang muncul adalah tokoh-tokoh lama di bidang politik, tidak ada nama-nama baru, tidak ada tokoh muda.

Padahal sejarah mengajari (kepada kita) bahwa bangsa Indonesia bukanlah bangsa yang besar karena kekayaan alamnya maupun lokasi geografisnya yang strategis, melainkan karena adanya peranan signifikan dari pemuda bangsa. Mungkin tanpa adanya campur tangan pemuda dalam sejarah perjuangan bangsa, saat ini kita tidak dapat merasakan nikmatnya kemerdekaan dan hidup tanpa adanya penjajahan.

Kaum muda merupakan sosok yang penting dalam setiap perubahan, karena kaum muda bergerak atas nilai-nilai idealisme dan moralitas dalam melihat persoalan yang ada. Mereka adalah sosok yang merindukan perubahan dan sesuatu yang baru dalam hidup ini. Saya rasa ini adalah modal bagus dalam membangun bangsa ini.

Sudah lama bangsa kita ini mengalami krisis multidimensional. Mulai dari krisis ekonomi, moneter, hukum, moral, dan sebagainya. Kita benar-benar membutuhkan seorang pemimpin yang mampu mengubah Indonesia kearah yang lebih baik serta mampu mengemban amanat rakyatnya. Masalah yang sering kali dihadapi pemimpin bangsa kita adalah masalah kepercayaan. Sering kali pemimpin yang terpilih tidak dapat menunjukkan kredibilitasnya sebagai seorang pemimpin. Karena itulah, besar harapan banyak orang ada wajah-wajah baru yang bisa menjadi alternatif untuk dipilih Rakyat dalam perebutan menjadi orang nomor 1 di Indonesia kelak. Dan saya kira, kaum muda bisa ikut ambil bagian dalam kompetisi tersebut. Tentu saja tokoh muda yang saya maksud adalah tokoh muda yang punya kualitas bagus untuk memimpin bangsa ini, bukan asal “pemuda”.

Tokoh muda yang dimaksud haruslah berilmu, berakhlak, berintegritas, professional dan pandai, bisa membuat keputusan dan bertangguing jawab atas keputusannya, dapat mempengaruhi dan bukan dipengaruhi, harus bersedia mendengar dan berlapang dada, dapat memberi semangat dan motivasi, bisa menjadi contoh, dan menjadi pemegang obor pemikiran dan tindakan di negeri ini.

Beberapa negara sudah membuktikan bahwa kaum muda mampu memimpin. Sebagai contoh India, melalui tangan Manmohan Singh, menteri keuangan India, yang menyekolahkan anak-anak muda India ke luar negeri dan menyerap ilmu terbaik langsung dari sumbemya telah mengubah wajah India saat ini. Sehingga Bangalore dan Hyderabad telah menjadi semacam technopark seperti halnya Lembah Silikon di Amerika Serikat. Begitu pula yang kita saksikan dengan kebijakan Deng Xiao Peng untuk mengkapitalisasi perekonomian Cina kemudian membuka kesempatan besar bagi pemuda-pemuda Cina untuk belajar ke luar negeri, hasilnya telah mengubah wajah Cina menjadi raksasa ekonomi di awal abad 21 yang ditakuti oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Contoh lain yang bisa kita sebut adalah sosok Mahmoud Ahmadinejad sebagai presiden Iran, Hugo Cavez sebagai presiden Venezuela, Evo Morales sebagai Presiden Bolivia, dan Barack Obama sebagai presiden Amerika Serikat saat ini. Ini menunjukkan semacam representasi kepemimpinan kaum muda ternyata juga bisa diapresiasi oleh rakyat mereka, apalagi ketika para pemimpin tersebut mampu membawa institusi negara atau kekuasan yang dimiliki sebagai sarana mewujudkan kedaulatan bangsa dan membangun tatanan perikehidupan yang berkeadilan dan demokratis, menuju kemandirian secara ekonomi, politik dan budaya ke arah yang lebih baik.

Perhatian dan optimisme bangsa bersama kaum muda untuk melakukan sebuah perubahan tentu benar adanya demikian, sebab sosok kaum muda adalah sosok yang memiliki karakter yang unik. Di antara keunikannya itu adalah, bahwa kaum muda memiliki semangat baru dan senantiasa bergejolak, keberanian untuk mengambil resiko besar, serta memiliki pandangan yang jauh menembus masanya. Buktinya, melalui tangan kaum mudalah kemerdekaan Republik ini bisa direbut dari jajahan kolonial, bergantinya era orde baru ke era reformasi saya kira juga karena buah dari perjuangan pemuda. Karena itu menurut saya, di tengah krisis kebangsaan yang kita hadapi saat ini, tampilnya kepemimpinan kaum muda barangkali bisa menjadi alternatif wajah baru calon presiden kita ke depan. Dengan demikian, wajah calon presiden yang hendak kita pilih ke depan tidak itu-itu saja.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: