Info Buku: Studi Ilmu Pendidikan Islam (Arruzz Media, 2012)

ImageSyamsul Kurniawan, S.Th.I, M.S.I

Pengajar Filsafat Pendidikan Islam di STAIN Pontianak, Staff pada Program Pascasarjana (PPs.) STAIN Pontianak
EMPAT pilar tujuan pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO yaitu: Pertama, learning to know; Kedua, learning to do; Ketiga, learning to be; dan Keempat, learning to live together. Keempat pilar ini dapat dipahami secara taksonomi, yaitu klasifikasi hubungan komponen-komponen secara hirarkis.
Maka mata kuliah ilmu pendidikan Islam sesungguhnya juga dapat dipahami berangkat dari empat pilar tersebut: Pertama, learning to know, yaitu menguasai ilmu-ilmu, konsep-konsep, serta teori-teori pendidikan Islam yang berdasarkan petunjuk al-Qur‘an dan Hadits. Kedua, learning to do, yaitu kemampuan menerapkan ilmu-ilmu, konsep-konsep, serta teori-teori pendidikan Islam berdasarkan petunjuk al-Qur‘an dan Hadits dalam melakukan proses pendidikan/ pembelajaran. Ketiga, learning to be, yaitu menjadi tenaga pendidik muslim yang profesional. Dan keempat, learning to live together, yaitu menjadi pendidik yang amanah dan bertanggungjawab dalam melaksanakan proses pendidikan/pembelajaran yang berbasiskan masyarakat (community-based education).
Berangkat dari empat pilar tersebut, kuliah ilmu pendidikan Islam yang selama ini masih pada tataran learning to know, yaitu masih hanya menguasai ilmu-ilmu, konsep-konsep serta teori-teori pendidikan Islam yang digali dari al-Qur‘an dan Hadits, itupun penguasaannya belum maksimal, apalagi dimensi learning to do, learning to be, dan learning to live together belum tersentuh.
Buku Studi Ilmu Pendidikan Islam yang saya tulis bersama Dr. H. Moh. Haitami Salim, M.Ag ini sesungguhnya berangkat dari kesadaran untuk membantu mahasiswa agar lebih mudah untuk memahami mata kuliah ilmu pendidikan Islam. Meski demikian buku ini sesungguhnya sasaran pembaca buku ini bukan hanya ditujukan untuk mahasiswa, tapi juga untuk peminat kajian ilmu pendidikan Islam.
Buku studi ilmu pendidikan Islam ini awalnya diterbitkan penerbit STAIN Pontianak Press pada tahun 2009. Sebagai edisi revisi, buku ini diterbitkan oleh Arruzz Media tahun 2012, dengan beberapa perbaikan dan penambahan data baru, terutama dalam pengeditan bahasa.
Pembahasan pada buku ini dibagi ke dalam tiga belas bab, sebagai berikut: Bab pertama, pendidikan Islam sebagai disiplin ilmu. Dalam bab ini akan dijelaskan tentang: ruang lingkup ilmu pendidikan Islam, prinsip-prinsip pendidikan Islam sebagai disiplin ilmu; dan peta penelitian pendidikan Islam. Bab kedua tentang pengertian, sumber, dan dasar pendidikan Islam, yang memaparkan tentang pengertian pendidikan Islam, sumber pendidikan Islam, dan dasar pendidikan Islam. Bab ketiga membahas perspektif Islam tentang ilmu. Pada bab ini dibahas tentang pengertian ilmu, keutamaan ahli ilmu, dan paradigma integratif ilmu dan agama. Bab keempat, perspektif Islam tentang manusia dan proses pendidikan, yang mencakup kajian istilah manusia dalam Al-Qur‘an, manusia sebagai makhluk yang bisa mendidik dan dididik, perspektif Islam tentang fitrah manusia, fitrah manusia dan hubungannya dengan aliran pendidikan nativisme, empirisme, dan konvergensi, serta  perspektif Islam tentang pendidikan seumur hidup.
Bab kelima, perspektif Islam tentang tujuan pendidikan yang mencakup pengertian tujuan pendidikan, kedudukan tujuan pendidikan, tujuan pendidikan Islam, dan kekhasan pendidikan Islam. Bab keenam perspektif Islam tentang pendidik. Pada bab ini akan dijelaskan tentang pengertian pendidik, kedudukan pendidik dalam Islam, syarat-syarat pendidik dalam Islam, sifat-sifat pendidik dalam Islam, serta tugas dan peranan pendidik dalam pembelajaran.
Bab ketujuh, Perspektif Islam tentang peserta didik, yang mencakup pengertian peserta didik, dimensi-dimensi peserta didik, adab peserta didik dalam Islam, dan peranan peserta didik dalam pembelajaran. Bab kedelapan, perspektif Islam tentang sarana dan prasarana pendidikan, yang mencakup sarana fisik pendidikan dan sarana non fisik pendidikan. Bab kesembilan, perspektif Islam tentang kurikulum pendidikan. Dalam bab ini akan dijelaskan tentang pengertian kurikulum, pentingnya kurikulum dalam pendidikan Islam, dasar kurikulum pendidikan Islam, prinsip-prinsip kurikulum pendidikan Islam, dan komponen kurikulum pendidikan Islam.
Bab kesepuluh, perspektif Islam tentang strategi, pendekatan, dan metode pendidikan. Pembahasan dalam bab ini mencakup: pengertian strategi, pendekatan, dan metode pendidikan; strategi dan pendekatan dalam pendidikan Islam; dan metode dalam pendidikan Islam. Bab kesebelas, perspektif Islam tentang evaluasi pendidikan, yang memaparkan pengertian evaluasi pendidikan, objek evaluasi pendidikan, tujuan dan fungsi evaluasi pendidikan, prinsip-prinsip evaluasi pendidikan, sasaran evaluasi pendidikan, jenis-jenis evaluasi pendidikan, dan evaluasi dalam pendidikan Islam. Bab keduabelas, perspektif Islam tentang lingkungan pendidikan yang mencakup pengertian lingkungan pendidikan, tripusat lingkungan pendidikan, dan pengaruh timbal balik antara tripusat lingkungan pendidikan terhadap perkembangan peserta didik.

Semoga buku yang saya dan Dr. H. Moh. Haitami Salim, M.Ag tulis ini dapat bermanfaat terutama dalam memberikan kejelasan tentang ilmu pendidikan Islam yang kontekstual untuk kebutuhan pengembangan pendidikan Islam di Indonesia.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s